Senin, 06 Februari 2012

sejarah Sistem Operasi


Sejarah perkembangan Sistem Operasi
Arsitektur komputer tradisional terdiri dari empat komponen utama yaitu "Prosesor", "Memori Penyimpanan", "Masukan" (Input), dan "Keluaran" (Output).
Model tradisional tersebut sering dikenal dengan nama arsitektur von Neumann. Pada saat awal, komputer berukuran sangat besar sehingga komponen-komponennya dapat memenuhi sebuah ruangan yang sangat besar. Sang pengguna -- menjadi programmer yang sekali gus merangkap menjadi menjadi operator komputer -- juga bekerja di dalam ruang komputer tersebut.
Perkembangan sistem operasi dipengaruhi oleh perkembangan hardware. Sistem operasi mulai dikembangkan sejak ±40 tahun lalu, yaitu:
1. Generasi ke-nol (1940).
o Komponen utama tabung hampa udara;
o Sistem komputer belum menggunakan sistem operasi;
o Sistem operasi komputer dilakukan secara manual melalui plugboard, dan hanya bisa digunakan untuk menghitung (+,-, dan *).
2. Generasi pertama (1950).
o Komponen utama transistor;
o Sistem operasi berfungsi terutama sebagai pengatur pergantian antar job agar waktu instalasi job berikutnya lebih efisien. Dalam masa ini muncul konsep batch system (semua job sejenis dikumpulkan jadi satu);
o Input pemakai punch card.
3. Generasi kedua (1960).
o Komponen utama IC;
o Berkembang konsep-konsep:
o Multiprogramming, satu prosesor mengerjakan banyak program yang ada di memori utama;
o Multiprosesing, satu job dikerjakan oleh banyak prosesor berguna untuk meningkatkan utilitas;
o Spooling Simultaneous Peripheral Operation On Line, bertindak sebagai buffer (penyangga) saja, dan mampu menerima pesanan meskipun belum akan dikerjakan;
o Device Indipendence, masing-masing komponen memiliki sifat yang saling berbeda (misal: tiap-tiap printer memiliki driver);
o Time Sharing atau Multitasking, sistem bagi waktu yang diberikan oleh CPU terhadap berbagai job yang sedang dijalankan.
o Real-time system, berguna sebagai kontrol bagi mesin-mesin.
4. Generasi ketiga (1970)
o Komponen utama VLSI (Very Large Scale Integrated Circuit);
o Ditandai dengan berkembangnya konsep general purpose system, sehingga sistem operasi menjadi sangat kompleks, mahal dan sulit untuk dipelajari;
5. Generasi keempat (pertengahan 1970-an hingga sekarang).
o PC makin populer;
o Ditandai dengan berkembangnya sistem operasi untuk jaringan komputer dengan tujuan: data sharing, hardware sharing, dan program sharing;
o User interface semakin user friendly tanpa harus mengorbankan unjuk kerja.
Perjalanan Sistem operasi DOS
1980
• QDOS : Tim Paterson dari Seattle Computer menulis QDOS yang dibuat dari OS
terkenal pada masa itu, CP/M. QDOS (Quick and Dirty Operating System) dipasarkan
oleh Seatle Computer dengan nama 86-DOS karena dirancang untuk prosesor Intel 8086.
• Microsoft : Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan menjualnya ke berbagai perusahaan komputer.
1981
• PC DOS : IBM meluncurkan PC DOS yang dibeli dari Microsoft untuk komputernya yang berbasis prosesor Intel 8086.

• MS DOS : Microsoft menggunakan nama MS DOS untuk OS ini jika dijual oleh perusahaan diluar IBM.
1983
• MS DOS 2.0 : Versi 2.0 dari MS DOS diluncurkan pada komputer PC XT.
1984
• MS DOS 3.0 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.0 untuk PC AT yang menggunakan chip Intel 80286 dan yang mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari 10 MB.
• MS DOS 3.1 : Microsoft meluncurkan MSDOS 3.1 yang memberikan dukungan
untuk jaringan.

perjalanan Sistem Operasi MAC
1997
• Mac OS : Untuk pertama kalinya Apple memperkenalkan penggunaan nama Mac OS pada Mac OS 7.6.
2000
• Mac OS/X : Mac OS diganti dengan mesin berbasis BSD Unix dengan kernel yang disebut sebagai Mac OS/X.
Perjalanan Sistem Operasi Windows.
1998
• Windows 98 : Web browser Internet Explorer menjadi bagian penting dari Windows 98 dan berhasil menumbangkan dominasi Netscape Navigator.
2000
• Windows 2000: Microsoft meluncurkan Windows 2000 sebagai penerus Windows NT.
• Windows Me : Microsoft meluncurkan Windows Me, versi terakhir dari Windows 95.
2001
• Windows XP : Microsoft memperkenalkan Windows XP.
2003
• Windows 2003 : Microsoft meluncurkan Windows Server 2003





Sejarah Sistem Operasi Komputer
Seperti kita ketahui, system operasi yang umum digunakan oleh kebanyakan computer, terdiri dari 3 keluarga atau 3 kelompok, yaitu keluarga Microsoft Windows, keluarga Unix, dan keluarga Mac OS.
Sedangkan untuk computer mainframe dan super computer menggunakan banyak sekali system operasi yang berbeda-beda, umumnya turunan dari sitem UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX,dll.
Sistem Operasi Berbasis Windows
QDOS (Quick and Dirty Operating System) merupakan asal usul dari windows. QDOS ditulis oleh Tim Paterson dari Seattle Computer pada tahun 1980. QDOS dibuat dari OS terkenal pada masa itu, QDOS dirancang untuk prosesor intel 8086. kemudian Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS untuk dikembangkan dan menjualnya lagi ke berbagai perusahaan computer. Pada tahun 1981 microsoft memberi nama MS-DOS, sedangkan yang jual ke perusahaan computer IBM diberi nama PC-DOS oleh IBM. MS.DOS inilah yang terus berkembang hingga menjadi Windows Vista.
Perkembangan Microsoft
Setelah sukses dengan MS.DOS pada tahun 1981. pada tahun 1983 microsoft meluncurkan MS-DOS versi 2.0 pada computer PC XT. Selanjutnya pada tahun 1984 MS-DOS 3.0 untuk PC AT yang menggunakan chip Intel 80286 dan yang mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari 10MB. Juga pada tahun yang sama dirilis MS-DOS 3.1 yang mendukung jaringan.
Pada tahun 1985 Microsoft memperkenalkan MS.Windows, system operasi yang telah menyediakan lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. Kemudian pada tahun 1986 Microsoft kembali meluncurkan MS-DOS versi baru yaitu versi 3.2. pada versi ini Microsoft menambahkan dukungan untuk floppy 3.5 inch 720KB.
Pada tahun 1987 microsoft kembali memperbaharui MS-DOS nya dengan mengeluarkan versi 3.3 yang merupakan versi paling populer dari MS.DOS. pada tahun ini Microsoft juga memperkenalkan windows versi 2.0. setahun kemudian Microsoft berhasil mengembangkan lagi dengan suasana grafis, sedangkan IBM memperkenalkan OS/2 yang juga telah berbasis grafis sebagai calon pengganti IBM PC-DOS.
Pada tahun 1990 microsoft memfokuskan diri pada pengembangan windows ditandai dengan peluncuran windows versi 3.0 dan mendapat sambutan yang sangat baik pada versi ini Microsoft membundel MS.OFFICE(Word, Excel, dan PowerPoint) untuk menyingkirkan saingannya seperti Lotus 123, Wordstar, Word Perfect dan Quattro.
Pada tahun 1991 microsoft kembali meluncurkan MS.DOS versi 5.0 dengan penambahan fasilitas full-screen editor, undelete, unformat dan Qbasic. Hingga pada tahun 1994 menjadi tahun terakhir bagi pengembangan MS.DOS, versi terakhir dari MS.DOS adalah MSDOS6.22.
Kembali ke versi windows, pada tahun 1992 windows meluncurkan versi 3.1 dan 3.11 pada tahun 1994 untuk workgroups. Setahun kemudian Microsoft meluncurkan Windows 95, pada tahun ini juga diperkenalkan versi pertama Windows CE ke public. Tahun 1996 Windows NT Versi 4.0 diluncurkan, pada tahun 1998 meluncurkan OS terbarunya yaitu Windows 98. web browser Internet Explorer menjadi bagian penting dari Windows 98.
Tahun 2000 merupakan era baru dunia teknologi computer karena pada era ini, perkembangan dunia computer mengalami kemajuan yang begitu pesat. Windows mengeluarkan Windows 2000 sebagai penerus windows. Pada tahun 2001 diperkenalkan Windows XP dan tahun 2003 Microsoft mengeluarkan windows server 2003. untuk saat ini windows XP masih menjadi favorit pemakai computer. Walaupun pada tahun 2007 microsoft meluncurkan windows vista yang dilengkapi fitur 3D. Namun keindahan ini harus dibayar mahal dengan kebutuhan spesifikasi computer yang sangat tinggi.
Sistem Operasi Berbasis Linux
Linux adalah nama yang diberikan system computer bertipe unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas terbuka dan sumber utama terbuka.
Jika asal usul MSDOS/Windows berasal dari pengembangan QDOS yang dilakukan Bill Gates, maka unix merupakan salah satu system operasi yang mengawali lahirnya libux. Pada tahun 1965, para ahli membuat system operasi bernama Multics. System ini awalnya didesain dengan harapan akan menciptakan beberapa keunggulan, seperti multiuser, multiprosesor dan multilevel filesistem. Namun, pada tahun 1969 pembuatan program ini dihentikan karena system ini sudah tidak memenuhi tujuan semula.
Pada tahun 1991 di Finlandia, seorang mahasiswa ilmu computer bernama Linus Tovald berhasil mengembangkan OS berbasis Unix dari system operasi Minix yang diberi nama linux. Pada bulan Agustus 1991, lahirlah Linux 0.01 oprekan Linus dan pada tanggal 5 Oktober 1991 secara resmi Linus mengumumkan Linux 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH dan gcc compiler.
Selain itu, Linus juga mempublikasikan system operasi buatannya tersebut lengkap dengan ditemui, computer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut.
Hingga saat ini linux telah berkembang pesat, karena OS-nya yang free, Linux juga sebagai satu-satunya OS yang berbasis Open Source yang dapat dimodifikasi oleh siapa saja yang ingin mengembangkan linux. Hingga lahirlah berbagai OS berbasis linux, seperti Fedora Core, Ubuntu, Mandrake, dll. Bahkan pada tahun 2002 di Indonesia sendiri juga lahir berbagai OS buatan anak negeri berbasi Linux bermunculan, diantaranya Trustix Merdeka, WinBI, RimbaLinux, Komura.
Sistem Operasi Berbasis Macintosh
Macintosh Operating System (MAC OS) merupakan system operasi computer yang dibuat oleh Apple. Apple yang sebelumnya bernama Apple Computer, Inc adalah sebuah perusahaan silicon valley yang bergerak di bidang computer.
MAC OS merupakan OS yang pertama menggunakan system GUI(Graphical User Interface). Para pemakai computer begitu takjub melihat macintosh yang snagat ramah melayani pemakai. Pemakai tidak perlu banyak menulis perintah, cukup menunjuk gambar yang ada. Mac OS dibuat khusus untuk computer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompabilitas dengan arsitektur PowerPC maupun X86.
Versi terakhir Mac OS saat ini adalah Mac Os X yang diluncurkan pada tahun 2000. Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Server mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasiworkgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTPSMBLDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.

0 komentar:

Poskan Komentar